Search
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» FORUM ABSEN DAN PERKENALAN ANGGOTA
Sun Dec 22, 2013 11:40 pm by bagong'zz

» POTO2 KEGIATAN SEMAR N SUKIRMISU
Sun Dec 22, 2013 11:21 pm by bagong'zz

» AMX Regional Jakarta
Sat Jun 01, 2013 1:50 am by bagong'zz

» FORUM NGOBROL CAMPUR ADUK
Sat Jun 01, 2013 1:49 am by bagong'zz

» SEMAR Skirmish Invitation
Sat Jun 01, 2013 1:48 am by bagong'zz

» Undangan dan join ops team
Tue Oct 11, 2011 2:28 am by hamm3r

» LV Belt;A&F Sweatpants discount on eshop816.com
Wed Oct 05, 2011 7:31 pm by gtert438

» International legal issue
Thu Dec 30, 2010 12:25 am by rizky76

» JADWAL KEGIATAN SEPUTAR ERSOFGUN
Sun Oct 10, 2010 11:15 am by bagong'zz

October 2014
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Calendar Calendar


PROFIL SEMAR553

PROFIL SEMAR

Page 1 of 3 1, 2, 3  Next

View previous topic View next topic Go down

PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Tue May 26, 2009 11:19 am

PROFIL SEMAR

Semar adalah sebuah Klub yg didirikan oleh sekelompok pemuda yang mencintai permainan airsoft gun, klub ini didirikan pada tgl 9 maret 2009, di Studio Alam TVRI dengan anggota yg terdaftar sebanyak 35 anggota yang berdomisili di jabodetabek dan 1 orang di surabaya.

Adapun klub ini di ketuai oleh :
Ketua Umum : Pakdhe Subiyanto
Ketua Pelaksana : Bagong'zz

Klub ini mempunyai Motto :

  • ADILAGA AMONG HYUN AGUYU : BERPERANG SAMBIL TERTAWA
Logo yang disepakati menjadi lambang klub :





Arti Gambar :


Semar memegang Thompson: Semar melambangkan anggota klub yg suka bercanda namun bisa serius apabila diperlukan. Sedangkan Thompson melambangkan inti dari sesuatu yg menyatukan anggota klub yaitu permainan Airsoft.

Sedangkan Gunungan yang melingkupi gambar Semar melambangkan Marcapada/dunia yang memiliki makna klub ini akan selalu membumi.

Arti Tulisan :


SEMAR : Nama Klub (SEnang Main aiRsoft)


ADILAGA : Berperang/Bertempur
AMONG HYUN : Dengan/Sambil
AGUYU : Tertawa/Gembira

[justify]Yang berarti ”walaupun memainkan simulasi pertempuran tapi tetap mementingkan unsur kegembiraan /kesenangan”


Klub ini mempunyai 2 buah home base :

  • Studio Alam, depok, jawa barat
  • Hutan UI, Depok jawa barat
Waktu bermain :

  • Setiap hari Sabtu


Sumpah anggota :


[center]I swear by God this sacred oath :

That I shall render unconditional obedience to Pakde
Soebianto,
Fuhrer of the Depok reich and people,
Supreme commander of the armed force.
And that I shall at all times be ready,
as a brave soldier to give my life for this oath

By :Redy hadriyanto




Last edited by bagong'zz on Wed Jul 01, 2009 2:58 pm; edited 4 times in total

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by D-MAG on Tue May 26, 2009 12:34 pm

gimana neh mas bagong kan anda anaknya kiai semar ? Very Happy

D-MAG
Para Commando
Para Commando

Posts: 192
Reputation: 0
Join date: 2008-11-24

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Tue May 26, 2009 2:18 pm

hehehehehe, jadi malu mas d-mag
tadi itu mau di load eh internet di hack orang jd down...
tapi dah beres neh..
monggo dinikmati...

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Tue May 26, 2009 2:22 pm

Sekilas mengenai tokoh Semar :


1. Asal usul

Semar atau Sang Hyang Ismaya hanya ada di wayang purwa, dia tidak dikenal
pada wayang Hindu, jadi hampir dipastikan bahwa tokoh semar diciptakan oleh
Pujangga asli Indonesia.


Sang hyang ismaya adalah putra dari sang hyang Tunggal (leluhur para dewa) dari permaisuri
Dewi Wirandi. Ismaya berarti kesucian yg bersinar, ia berparas sangat tampan.


Sang hyang Ismaya mempunyai 2 orang saudara yaitu Sang hyang Tejamaya (nantinya dikenal
dengan nama Togog) dan Sang hyang Manikmaya ( bathara guru). Mereka bertiga diciptakan dari sebuah telur, Sang hyang Tejamaya dari kulit telur, Sang hyang Ismaya dari putih telur, sedangkan Sang hyang manikmaya dari kuning telur.


Pada suatu ketika terjadi pertengkaran antara sang hyang tejamaya dan Ismaya, mereka
memperebutkan
status siapa yang paling tua diantara mereka. Karena sama saktinya maka
pertempuran berakhir dengan seri, karena sama-sama tidak puas maka sang
hyang Tejamaya menantang sang hyang Ismaya untuk menelan sebuah gunung,
siapa yg bias menelan gunung maka dialah pemenangnya.


Pertama Sang hyang Tejamaya mencoba namun tak perduli sekeras apapun dia mencoba, semua
kesaktian
telah dikerahkan tapi dia tak bias menelan gunung tersebut, dia hanya
sanggup memasukkan gunung sampai ke mulut saja. Ketika tiba giliran
Sang hyang Ismaya mencoba, dengan susah payah akhirnya gunung tersebut
dapat ditelan.


Sang hyang Tunggal kemudian melerai pertengkaran mereka dan menyuruh mereka turun ke
dunia
sebagai hukuman karena tak dapat menahan nafsu untuk berkuasa. Sang
hyang Tejamaya yang mulutnya sobek karena berusaha menelan gunung
diberi nama lagi sebagai Togog dan diberi tugas menjaga raja-raja yg
bertabiat angkara murka (buruk).


Sedangkan Sang hyang Ismaya yang perutnya berubah menjadi buncit disuruh turun ke dunia
untuk menjaga raja-raja yg bersifat mulia. Ia di beri nama Janggan Smarra atau kemudian lebih dikenal sebagai Semar


2. Silsilah

Sang hyang Ismaya + Dewi Sanggani
Bathara Wungkuam
Bathara Tembara (Ajudan Bathara Guru)
Bathara Kuwera (Dewa kekayaan)
Bathara Wrahaspati
Bathara Syiwah
Bathara Surya (Dewa matahari )
Bathra Candra (Dewa bulan )
Bathara Yamadipati (Dewa kematian )
Bathara Kamajaya (Dewa asmara/cinta )
Batharti Darmanasti


3. Semar
Semar mempunyai bentuk badan gemuk, bulat, berambut kuncung berwarna putih, berhidung
kecil,
dan bermulut lebar. Dia mempunyai sifat sabar, santai, suka bercanda,
suka mengasuh (memberi tauladan) selalu bersedia bila dimintai petuah
atau nasihat.


Penampilan sehari-hari sebagai punakawan ( pengasuh) biasa tetapi bilamana keadaan
memerlukan
maka dia tidak segan-segan untuk bertindak (kadang-kadang dengan
kekerasan) untuk membenarkan hal-hal yg diselewengkan. Bahkan dewapun
takut pada sosok Semar apabila ia telah murka.


Untuk menemani dirinya di dunia Semar mempunyai 3 orang pengikut (bukan anak) yaitu :
1. Bagong
2. Pertuk
3. Gareng

Di Sunda Semar dikenal bertempat tinggal di Tumaritis


Sumber : Kitab PARASAWULI karangan pujangga RANGGAWARSITA

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by D-MAG on Tue May 26, 2009 5:38 pm

waaahhh... manteeep cerita lagi dong mas tentang pewayangan seputar semar

D-MAG
Para Commando
Para Commando

Posts: 192
Reputation: 0
Join date: 2008-11-24

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by telormatasatu on Tue May 26, 2009 10:55 pm

hehehe tinggal di tunjuk siapa yg mau jadi bagongnya rabbit

telormatasatu
Paratrooper
Paratrooper

Posts: 55
Reputation: 0
Join date: 2009-04-30

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Thu May 28, 2009 12:50 pm

SEMAR dalam sudut pandang Kejawen

Semar dalam bahasa Jawa (filosofi Jawa) disebut Badranaya
Bebadra = Membangun sarana dari dasar
Naya = Nayaka = Utusan mangrasul

Artinya : Mengemban sifat membangun dan melaksanakan perintah Allah demi
kesejahteraan manusia

Javanologi : Semar = Haseming samar-samar
Harafiah : Sang Penuntun Makna Kehidupan

Semar tidak lelaki dan bukan perempuan, tangan kanannya keatas dan tangan
kirinya kebelakang. Maknanya : "Sebagai pribadi tokoh semar hendak
mengatakan simbul Sang Maha Tunggal". Sedang tangan kirinya bermakna "berserah total dan mutlak serta
sekaligus simbol keilmuan yang netral namun simpatik".

Domisili semar adalah sebagai lurah karangdempel / (karang = gersang) dempel =
keteguhan jiwa.

Rambut semar "kuncung" (jarwadasa/pribahasa jawa kuno) maknanya
hendak mengatakan : akuning sang kuncung = sebagai kepribadian pelayan. Semar
sebagai pelayan mengejawantah melayani umat, tanpa pamrih, untuk melaksanakan
ibadah amaliah sesuai dengan sabda Ilahi.





Semar barjalan menghadap keatas maknanya : "dalam perjalanan anak manusia
perwujudannya ia memberikan teladan agar selalu memandang keatas (sang Khaliq )
yang maha pengasih serta penyayang umat".

Kain semar Parangkusumorojo: perwujudan Dewonggowantah (untuk menuntun manusia)
agar memayuhayuning bawono : menegakan keadilan dan kebenaran di bumi.

Ciri sosok semar adalah

- Semar berkuncung seperti kanak kanak,namun juga berwajah sangat tua
- Semar tertawannya selalu diakhiri nada tangisan
- Semar berwajah mata menangis namun mulutnya tertawa
- Semar berprofil berdiri sekaligus jongkok
- Semar tak pernah menyuruh namun memberikan konsekwensi atas nasehatnya

Kebudayaan Jawa telah melahirkan religi dalam wujud kepercayaan terhadap Tuhan
yang Maha Esa, yaitu adanya wujud tokoh wayang Semar, jauh sebelum masuknya
kebudayaan Hindu, Budha dan Islam di tanah Jawa.

Dikalangan spiritual Jawa ,Tokoh wayang Semar ternyata dipandang bukan sebagai
fakta historis, tetapi lebih bersifat mitologi dan symbolis tentang KeEsa-an,
yaitu: Suatu lambang dari pengejawantahan expresi, persepsi dan pengertian
tentang Illahi yang menunjukkan pada konsepsi spiritual. Pengertian ini tidak
lain hanyalah suatu bukti yang kuat bahwa orang Jawa sejak jaman prasejarah
adalah Relegius dan ber keTuhan-an yang Maha Esa.

Dari tokoh Semar wayang ini akan dapat dikupas ,dimengerti dan dihayati sampai
dimana wujud religi yang telah dilahirkan oleh kebudayaan Jawa .

Semar (pralambang ngelmu gaib) - kasampurnaning pati.

Gambar kaligrafi jawa tersebut bermakna :
Bojo sira arsa mardi kamardikan, ajwa samar sumingkiring dur-kamurkan Mardika
artinya "merdekanya jiwa dan sukma", maksudnya dalam keadaan tidak
dijajah oleh hawa nafsu dan keduniawian, agar dalam menuju kematian sempurna
tak ternodai oleh dosa. Manusia jawa yang sejati dalam membersihkan jiwa (ora
kebanda ing kadonyan, ora samar marang bisane sirna durka murkamu) artinya :
"dalam menguji budi pekerti secara sungguh-sungguh akan dapat
mengendalikan dan mengarahkan hawa nafsu menjadi suatu kekuatan menuju
kesempurnaan hidup".




Sumber : http://www.indospiritual.com/artikel_makna-filosofi-semar.html

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Thu May 28, 2009 1:00 pm

Nah itu dari sudut kejawen, next time dari sudut agama islam...

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by D-MAG on Thu May 28, 2009 1:36 pm

duduk diam sedakep menghayati dan meresapi.... nyuwun maleh mas baging ZZ

D-MAG
Para Commando
Para Commando

Posts: 192
Reputation: 0
Join date: 2008-11-24

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by D-MAG on Thu May 28, 2009 1:40 pm

duduk diam sedakep menghayati dan meresapi.... nyuwun maleh mas baging ZZ

D-MAG
Para Commando
Para Commando

Posts: 192
Reputation: 0
Join date: 2008-11-24

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by n13lz on Thu May 28, 2009 2:58 pm

uidiiihhh kereneee..... baca baca dulu mas begong..

n13lz
Infantry
Infantry

Posts: 39
Reputation: 0
Join date: 2009-02-17

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Thu May 28, 2009 4:13 pm

dipermonggo sedulur2 sekalian...

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by black. on Thu May 28, 2009 4:16 pm

hahahahahahahahhahahaha....semalam suntuk

black.
Para General

Posts: 639
Reputation: -18
Join date: 2009-04-12

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Fri May 29, 2009 11:30 am

ayo dunk pak..
kl ada yg mo nambahin silahkan, nda papa kok...

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Fri May 29, 2009 2:34 pm

SEMAR dari sudut pandang IsLAM

Semar,nama tokoh ini berasal dari bahasa arab Ismar. Dalam lidah jawa kata Is- biasanya dibaca Se-. Contohnya seperti Istambul menjadi Setambul. Ismar berarti paku. Tokoh ini dijadikan pengokoh (paku) terhadap semua kebenaran yang ada atau sebagai advicer dalam mencari kebenaran terhadap segala masalah. Agama adalah pengokoh/pedoman hidup manusia.
Semar dengan demikian juga adalah simbolisasi dari agama sebagai prinsip hidup setiap umat beragama.

Nala Gareng, juga diadaptasi dari kata arab Naala Qariin. Dalam pengucapan lidah jawa, kata Naala Qariin menjadi Nala Gareng. Kata ini berarti memperoleh banyak teman, ini sesuai dengan dakwah para aulia sebagai juru dakwah untuk memperoleh sebanyak-banyaknya teman (umat) agar
kembali ke jalan Allah SWT dengan sikap arif dan harapan yang baik.


Petruk, diadaptasi dari kata Fatruk. Kata ini merupakan kata pangkal dari sebuah wejangan (petuah) tasawuf yang berbunyi: Fat-ruk kulla maa siwalLaahi, yang artinya: tinggalkan semua apapun yang selain Allah. Wejangan tersebut kemudian menjadi watak para aulia dan mubaligh pada
waktu itu. Petruk juga sering disebut Kanthong Bolong artinya kantong yang berlubang. Maknanya bahwa, setiap manusia harus menzakatkan hartanya dan menyerahkan jiwa raganya kepada Allah SWT secara ikhlas, seperti berlubangnya kantong yang tanpa penghalang.


Bagong, berasal dari kata Baghaa yang berarti berontak. Yaitu berontak terhadap kebathilan dan keangkaramurkaan. Si “Bayangan Semar” ini karakternya lancang dan suka berlagak bodoh.
tapi dibalik sikapnya yg berlagak bodoh dia kerap kali dapat menyindir dengan menggunakan lelucon yg pas sehingga yg disindir tidak bisa marah. selain itu sifat bagong iilah yg paling mirip dengan semar karena dia tercipta dari bayangan nya.

Secara umum, Panakawan melambangkan orang kebanyakan. Karakternya mengindikasikan bermacam-macam peran, seperti penghibur, kritisi sosial, badut bahkan sumber kebenaran dan kebijakan. Para tokoh panakawan juga berfungsi sebagai pamomong (pengasuh) untuk tokoh wayang lainnya. Pada dasarnya setiap manusia umumnya memerlukan pamomong, mengingat lemahnya manusia, hidupnya perlu orang lain (makhluk sosial) yang dapat membantunya mengarahkan atau memberikan saran / pertimbangan. Pamomong dapat diartikan pula sebagai guru / mursyid terhadap salik yang dalam upaya pencerahan jati diri.

Karakter Panakawan (selain para tokoh lainnya) dari jalur acuan Walisongo sebenarnya muncul berdasarkan penuturan Puntadewa/Dharmakusuma (satu-satunya dari Pandawa yang kemudian memeluk Islam) dan Semar / Ismaya kepada Sunan Kalijaga dalam komunikasi ghaib (yang tidak
terbatasi ruang dan waktu) sesama aulia. Dijelaskan juga bahwa selain Semar, para panakawan yang dinyatakan sebagai anaknya (Gareng, Petruk dan Bagong) sebenarnya adalah dari bangsa Jin.


Tokoh Panakawan dimainkan dalam sesi goro-goro. Pada setiap permulaan permainan wayang biasanya tidak ada adegan kekerasan antara tokoh-tokohnya hingga lakon goro-goro dimainkan. Artinya adalah bahwa jalan kekerasan adalah alternatif terakhir. Dalam Islam pun, setiap
dakwah yang dilakukan harus menggunakan tahap-tahap yang sama. Lakon goro-goro pun menggambarkan atau membuka semua kesalahan, dari yang samar-samar menjadi kelihatan jelas sebagaimana sebuah doa: Allahuma arinal haqa-haqa warzuknat tibaa wa’arinal bathila-bathila warzuknat tinaba, artinya: Ya Allah tunjukilah yang benar kelihatan benar dan berilah kepadaku kekuatan untuk menjalankannya, dan tunjukillah yang salah kelihatan salah dan berilah kekuatan kepadaku untuk menghindarinya.


Sumber : http://kaskus.us/archive/index.php/t-572193-p-31.html


Last edited by bagong'zz on Fri May 29, 2009 3:00 pm; edited 1 time in total

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Fri May 29, 2009 2:53 pm

-double post-
mangap banget

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by ngacengan on Sat May 30, 2009 7:01 am

weleh weleh ngaturaken pangapunten raden mas bagongzz,koq opening logonya ni site koq bikin mules ya?juamput tenan wong ulo ireng.

ngacengan
Infantry
Infantry

Posts: 5
Reputation: 2
Join date: 2009-05-30

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by ngacengan on Sat May 30, 2009 7:08 am

SEMAR terdiri dari 2 GROUP yaitu GROUP 1 TEMBARA pasukan yg mempunyai kualifikasi KOMODO yg bertugas mengamankan pejabat teras SEMAR dan ANTI TEROR.
GROUP 2 YAMADIPATI pasukan yg berkualifikasi AIRBONG bertugas sbg pasukan pemukul dan penghancur.

ngacengan
Infantry
Infantry

Posts: 5
Reputation: 2
Join date: 2009-05-30

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by telormatasatu on Sun May 31, 2009 11:11 pm

AIRBONG apaan tuh? airsoftnya abong? scratch

telormatasatu
Paratrooper
Paratrooper

Posts: 55
Reputation: 0
Join date: 2009-04-30

View user profile

Back to top Go down

Re: PROFIL SEMAR

Post by bagong'zz on Mon Jun 01, 2009 4:58 pm

@telormata saty
betul banget kalo bahasa sundanya abong custom airsoft club...
kwakwakwakwakwakwakwa.......................

bagong'zz
Sub Forum Moderator
Sub Forum Moderator

Posts: 481
Reputation: 15
Join date: 2009-03-03
Age: 29
Location: jakatra

View user profile

Back to top Go down

Page 1 of 3 1, 2, 3  Next

View previous topic View next topic Back to top


Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum